Madu memiliki banyak jenis, perbedaan jenis lebah dan jenis bunga yang dihisap oleh lebah membuat jenis dan rasa madu berbeda beda. Secara umum nama madu diberikan berdasarkan jenis bunga yang dihisap oleh lebah, warna madu, rasa madu atau nama tempat nektar bunga yang dihisap oleh lebah.

Kita kenal juga madu yang diberikan nama berdasarkan tempat asalnya, seperti madu hutan, madu sumbawa, madu arab, madu yaman dll. Madu yang diberi nama berdasarkan warna seperti madu hitam dan madu putih. Madu yang diberikan nama berdasarkan rasa contohnya seperti madu pahit.
Sementara itu madu multiflora adalah madu yang dihasilkan oleh lebah penghisap lebih dari satu nektar bunga. Jadi Madu Multiflora adalah madu yang dihasilkan dari nektar bunga yang beragam, tidak hanya satu bunga.
Madu Multiflora memiliki ciri agak pekat dan warnanya cenderung hitam atau lebih kecoklat-coklatan. Jenis madu multiflora lebih mudah didapatkan dibandingkan jenis madu lainya, karena ketersedian madu multiflora tidak dipengaruhi musim bunga tertentu.
Manfaat Madu Multiflora
Khasiat madu multiflora secara umum sama dengan madu lainnya yaitu dapat mengobati berbagai macam penyakit ringan seperti :
a. Meningkatkan fitalitas serta kekebalan tubuh
b. dapat memperbaiki metabolisme tubuh
c. mengobati penyakit seputar perut seperti asam lambung dan maag
d. selain itu madu juga dapat mengobati pusing
e. menurunkan demam
f. serta dapat mengobati penyakit ringan seputar tenggorokan seperti radang tenggorokan batuk dan pilek
g. Dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar dan banyak manfaat lainnya.

0 Komentar